Prosedur Pendaftaran

Pendaftaran Perkara Online

Konfirmasi Pembayaran

Contoh Surat Gugatan

Prosedur Pendaftaran

  1. Pemohon/Penggugat membuat sendiri gugatan/permohonan, contoh gugatan dapat dilihat pada menu samping
  2. Pemohon/Penggugat mengirimkan surat permohonan/gugatan yang telah ditandatangani oleh Pemohon/Penggugat melalui form pendaftaran perkara.
  3. Jika Pemohon/Penggugat memakai kuasa hukum, harus dilampirkan surat kuasa yang sudah ditandatangani oleh Pemohon/Penggugat dan kuasa hukum Pemohon/Penggugat serta melampirkan fotokopi kartu tanda pengenal Advokat (ID Card) yang masih berlaku.
  4. (Setelah form pendaftaran perkara diisi) pengadilan akan menaksir panjar biaya perkara yang ditentukan dan memberitahukan kepada Pemohon/Penggugat, jumlah panjar biaya perkara yang harus dibayar oleh Pemohon/Penggugat.
  5. Pemohon/Penggugat membayar panjar biaya perkara melalui Bank Rakyat Indonesia dengan nomor rekening : 7657650007 atas nama Pengadilan Agama Sanggau dengan mencantumkan nama pemohon/penggugat (pendaftar) paling lama 10 (Sepuluh) hari kerja sejak diberitahukan jumlah panjar biaya perkara.
  6. Setelah membayar panjar biaya perkara, Pemohon/Penggugat mengirim bukti pembayaran panjar biaya perkara melalui pengisian formulir konfirmasi pembayaran panjar biaya perkara.
  7. Setelah dikonfirmasi oleh petugas pendaftaran Pengadilan Agama Sanggau (Petugas Meja 1), bahwa panjar biaya perkara sudah dibayar, maka akan dibuatkan Surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM) yang sudah ditandatangani oleh kasir Pengadilan dan diberikan nomor registrasi pendaftaran perkara (perkara Anda sudah terdaftar di Pengadilan Agama Sanggau). Pengadilan akan memberitahukan Nomor Perkara melalui email kepada Pemohon/Penggugat berdasarkan fotocopy SKUM (Surat Kuasa Untuk Membayar).
  8. Pendaftaran selesai, Pemohon/Penggugat menunggu surat panggilan sidang yang akan ditujukan kepada Pemohon/Penggugat dan Termohon/Tergugat, sesuai dengan alamat yang terlampir dalam surat gugatan/permohonan.
  9. Pada sidang pertama, Pemohon/Penggugat harus menyerahkan surat gugatan/permohonan asli (sejumlah 6 rangkap), surat kuasa asli (jika memakai kuasa hukum),dan tanda bukti pembayaran asli dari pihak bank diserahkan kepada petugas pendaftaran Pengadilan Agama Sanggau (Petugas Meja 1) untuk divalidasi di kasir Pengadilan Agama Sanggau dan menerima (SKUM) asli dari kasir.
  10. Bagi yang menggunakan kuasa, surat kuasa harus didaftarkan kepada petugas pendaftaran Pengadilan Agama Sanggau (Petugas Meja 1) pada sidang pertama.
  11. Surat gugatan/permohonan yang sudah dikirim lewat email tidak bisa diubah kecuali dalam persidangan.
  12. Pendaftaran dilakukan pada hari dan jam kerja,pendaftaran diluar jam kerja akan direspon pada hari dan jam kerja berikutnya.

Leave a Reply