PA Sanggau Gelar Sidang di Luar Gedung Perdana di Kabupaten Sekadau

Pengadilan Agama Sanggau melaksanakan sidang keliling perdana di Kabupaten Sekadau, Kamis (14/2/2019). Tim sidang keliling harus menempuh kurang lebih 1 (satu) jam perjalanan untuk sampai di lokasi sidang di luar gedung. Sidang di luar gedung pengadilan atau yang lebih dikenal dengan sidang keliling merupakan kewajiban setiap Pengadilan Agama sesuai dengan amanat Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 01 Tahun 2014.

WhatsApp Image 2019-02-14 at 09.11.17 (1)

Hakim yang ditugaskan untuk memeriksa dan memutus perkara di Kabupaten Sekadau terdiri dari : Hasyim Alkadrie, S.Ag., M.H. dan M. Busyra, S.H.I (Hakim Anggota) dibantu oleh Iliyansyah, S.E.I, Muhammd Nur, S.H., Rakiman, S.H.I, dan Ismail Azwardi petugas administrasi  yang ditugaskan untuk menjaga proses persidangan sekaligus untuk menerima pendaftaran perkara.

Pengadilan Agama Sanggau menggunakan sidang keliling sebagai sarana media sosialisasi tentang produk-produk hukum serta kewenangan Pengadilan WhatsApp Image 2019-02-14 at 10.55.26Agama dan informasi tentang tata cara mengajukan perkara, selain itu sidang yang diagendakan di Kabupaten Sekadau ini merupakan upaya Pengadilan Agama Sanggau untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Sekadau untuk mendapatkan layanan yang mudah dan murah sesuai dengan asas peradilan cepat, sederhana dan biaya ringan.

Ketua Pengadilan Agama Sanggau M. Toyeb, S.Ag., M.H., menyampaikan bahwa Pengadilan Agama Sanggau berkomitment untuk memberikan layanan terbaik bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Sekadau, dan mengharapkan sidang keliling di Kabupaten Sekadau menjadi cikal bakal terbentuknya Pengadilan Agama Sekadau yang menjadi harapan masyarakat Kabupaten Sekadau dan Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau, untuk itu Ketua Pengadilan Agama Sanggau mengharapkan Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau dapat bekerja sama untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Sekadau. Hal ini sejalan dengan rencana Pengadilan Agama Sanggau yang akan menggelar Sidang Kelililing sebanyak 20 kali di Kabupaten Sekadau dan telah mendapat apresiasi dan dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau saat rapat dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau pada tanggal 13 Februari 2019.

Panitera Pengadilan Agama Sanggau Kokon Furkon, S.H.I., menyampaikan bahwa dengan sidang di luar gedung diharapkan dapat membantu masyarakat khususnya yang berada di Kabupaten Sekadau untuk menekan biaya transportasi untuk menuju Kabupaten Sanggau untuk mendapatkan keadilan. (red/15)

Leave a Reply