Penandatanganan SK Bersama Panjar Biaya Perkara PA dan PN Sanggau

Kesepakatan Bersama melalui penyeragaam biaya perkara perdata antara Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri Sanggau dilaksanakan di ruang Ketua PA Sanggau jalan Jenderal sudirman KM7 pada Senin (14/1) disaksikan oleh panitera serta Jurusita kedua belah pihak.

IMG_8506

Ketua Pengadilan Negeri Sanggau Arief Boediono, S.H,.M.H. menyatakan dalam menyusun Surat Keputusan Bersama (SKB) ini ada dasar Hukumnya baik dari Organda maupun dinas perhubungan. Serta Penentuan biaya nya sudah mempertimbangkan kewajiban pemungutan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sesuai PP Nomor 53 Tahun 2008, Biaya Administrasi Penyelesaian Perkara maupun radius wilayah kecamatan dan desa di Kabupaten Sanggau dan sekadau, Karena baik PA dan PN Sanggau memiliki yurisdiksi pada dua kabupaten tersebut.

“SKB ini bukan kali pertama Surat Keputusan ini ditandatangani bersama, namun setiap tahunnya kita koreksi mana yang terlalu tinggi dan mana yang terlalu rendah biayannya,  dengan menggandeng Organda serta dinas perhubungan maka kita ambil jalan tengahnya dengan prinsip Biaya ringan.” Ujar Ketua PN Sanggau.

IMG_8497

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Pengadilan Agama Sanggau M. Toyeb, S.Ag,.M.H. “sebagai pelaksana kekuatan yudikatif di Kabupaten Sanggau PA dan PN Sanggau selalu bersinergi dan bekerjasama diantaranya menyeragamkan biaya perkara perdata” .

Melalui SKB ini merupakan wujud sinergitas dalam  upaya membangun kepercayaan, memperkuat kerjasama, mempererat silaturahmi untuk mencapai tujuan bersama yaitu memberikan pelayanan terbaik kepada pencari keadilan wilayah Kabupaten Sanggau dan Sekadau.

IMG_8494

“sebenarnya sudah ada kesepakatan bersama di bulan Nopember yang lalu, Penyusunan Surat Keputusan itu sendiri dilakukan bersama dengan dipimpin oleh Panitera serta jurusita Pengadilan Negeri dan Agama melalui beberapa kali rapat. Tepatnya hari ini sudah final dan sudah dijalankan.’Imbuhnya. (Arf)

Lampiran SKB No.W17-U6/86/HK.02/1/2019 dan W14-A4/0090/HK.05/I/2019

Leave a Reply