PA Sanggau Tangani Perkara Perdana Melalui E-court

Setelah resmi diluncurkan oleh Mahkamah Agung (MA) aplikasi pengadilan elektronik (e-court) beberapa waktu yang lalu, Kini Pengadilan Agama Sanggau Sudah melaksanakannya. Persidangan digital atau e-court (elektronik pengadilan) yang kini mulai diterapkan secara bertahap dalam rangka menyongsong era digitalisasi 2035 mulai dikenalkan dan dilaksanakan oleh Pengadilan Agama Sanggau.

ecourtrr

satu perkara masuk dalam pendaftaran melalui e-court PA Sanggau

Dengan e-court, Pengadilan Agama Sanggau menuju persidangan era digital,” kata Ketua PA Sanggau M. Toyeb, S.Ag,.M.H. saat menanggapi adanya satu perkara yang masuk didaftarkan  lewat e-court. Ini merupakan langkah awal yang baik di tahun 2019, sudah mulai ada yang berperkara melalui e-court, semoga dengan Aplikasi administrasi perkara berbasis online ini sangat membantu dan  terbuka untuk penyediaan akses bagi layanan pengadilan, khususnya di Kabupaten Sanggau dan Kabupaten sekadau untuk melayani kalangan masyarakat yang lokasi geografisnya jauh dari pengadilan.” Ujar Ketua PA Sanggau.

eperdana

Panitera PA Sanggau Kokon Furkon, S.H.I.  menambahkan penerapan e-court telah dilakukan dalam perkara  Nomor:14/Pdt.G/2019/PA.Sgu. beliau menambahkan  e-court sebagai pelayanan terbaik Pengadilan Agama Sanggau untuk masyarakat disamping PTSP, mendapatkan kecepatan waktu, dan semakin transparan.

Hal sama disampaikan oleh Regina dengan adanya e-court sangat membantu dari segi waktu dan biaya serta transparansi.”Tidak ada kendala selama memakai e-court, hanya lebih ribet karena ini hal baru dan pertama kali. Tapi lama-kelamaan pasti dah terbiasa.Prosesnya lebih mudah karena transfer lewat virtual dan relaas panggilan langsung dikirim lewat email.“ Terang advokat yang tergabung dalam Regina Rochyani& partners. (Arf)

 

Leave a Reply