Mengulang Sukses Sidang Terpadu Tahun Lalu, Panitera Jajaki MoU dengan Pemda dan Kemenag Sekadau

Panitera Pengadilan Agama Sanggau Kokon Furkon, S.H.I. didampingi Panitera Muda Hukum Iliyansyah, S.E.I.  Selasa (8/1/2019)  Berkunjung ke Pemda Kabupaten  sekadau Bertemu dengan  Bupati dan sekda namun beliau ada agenda lain, kemudian  diarahkan bertemu dengan kabag Hukum Kabupaten sekadau Bapak Radius, serta kabag Rumah Tangga TU Pemda Sekadau Bapak Leonardus, Panitera menyampaikan Kedatangan mereka dalam rangka kordinasi  karena akan melaksanakan sidang keliling dan sidang Isbat terpadu yang akan dilaksanakan di tahun 2019 di Kabupaten Sekadau. “ Setelah suksesnya Sidang terpadu perdana pada tahun lalu maka sebagai langkah awal kami bersilaturahmi kesini serta membicarakan persiapan Sidang terpadu yang akan di gelar pada tahun ini ‘ Ujar panitera.

IMG_8255
Untuk langkah awal ini kami kembali menyampaikan surat peminjaman tempat untuk pelaksanaan sidang keliling yang akan dimulai pada awal pebruari 2019 sebanyak 23 kali dalam satu tahun. ‘Timpalnya.

 pada intinya Pemda kabupaten Sekadau Sangat berterimakasih dan menyambut baik kegiatan tersebut terlebih selama ini Pengadilan Agama Sanggau sudah melaksanakan sidang keliling di Sekadau tiap tahunnya, dan pada tahun ini akan kembali akan melaksanakan sidang keliling dan sidang terpadu sehingga masyarakat sangat terbantu dengan adanya kegiatan tersebut.

IMG_8265

“Nanti akan kami sampaikan semuannya ke pak Bupati dan sekda, dan kami akan segera memanggil kepala dinas dukcapil untuk membicarakan hal tersebut dan nanti hasilnya akan segera kami beritahu kepada pihak Pengadilan Agama Sanggau. Kemungkinan Gedung Pertemuan Umum (GPU) yang beralamat di jalan Ahmad Yani Sekadau bisa dipakai untuk Kegiatan sidang keliling, gedung itu dipilih karena berada di jalur strategis dan aksesnya sangat mudah serta memiliki halaman yang luas. Biar kenyamanan para pihak yang sidang terjaga.’ujar kabag Rumah Tangga dan TU Pemda sekadau.

Kemudian Panitera dan rombongan melanjutkan kunjungannya ke Kantor kementerian Agama Kabupaten Sekadau. Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sekadau yang diwakili Kasi Bimas Islam Muslimun,S.Ag. menerima kedatangan Perwakilan Pengadilan Agama Sanggau.

Panitera menyampaiakan Kedatangan mereka dalam rangka kordinasi  karena akan melaksanakan sidang keliling dan sidang Isbat terpadu yang akan dilaksanakan di tahun 2019 di Kabupaten Sekadau. “ Setelah suksesnya Sidang terpadu perdana pada tahun lalu maka sebagai langkah awal kami bersilaturahmi kesini serta membicarakan persiapan Sidang terpadu yang akan di gelar pada tahun ini serta minta pendataan ‘ Ujar panitera.

WhatsApp Image 2019-01-09 at 09.11.06

Kasi Bimas Islam Kemenag Kabupaten Sekadau Muslimun,S.Ag bersyukur dengan adanya sidang Isbat Nikah nantinya, dan akan segera menindaklanjutinya.

Kegiatan sidang terpadu nantinya diharapkan dapat mengulang keberhasilan tahun lalu dimana masyarakat terbantu dengan adanya kegiatan tersebut. Karena sidang Isbat dilaksanakan untuk membantu masyarakat yang sudah menikah tapi belum memiliki buku Nikah. Karena Pihak Pengadilan Agama Sanggau langsung datang ke Lokasi, ke tengah masyarakat sehingga masyarakat tidak perlu datang ke Pengadilan Agama. (Arif)

 

Leave a Reply