Akhir Tahun 2018, PTA Pontianak Susun Program Kerja Tahun 2019

Pontianak | www.pta-pontianak.go.id

Satu hari jelang berakhirnya tahun 2018, Pengadilan Tinggi Agama Pontianak melakukan penyusunan program kerja tahun 2019 yang melibatkan seluruh stakeholder yang ada di Pengadilan Tinggi Agama Pontianak pada senin (31/12/2018) siang yang bertempat di Aula Pengadilan Tinggi Agama Pontianak.

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak yang membuka kegiatan ini mengutarakan untuk tahun 2018, Pengadilan Tinggi Agama Pontianak mengalami penurunan jumlah penerimaan perkara dari tahun sebelumnya. Di tahun 2017, jumlah perkara yang masuk berjumlah 35 perkara sedangkan di tahun ini jumlah perkara banding yang masuk hanya 26 perkara.

Walaupun demikian, Drs. H. Maslihan Saifurrozi, SH.,MH tetap berharap kepada Hakim Tinggi untuk mengevaluasi berkas perkara banding yang diajukan oleh pengadilan agama dan membuat laporan kepada Koordinator Pengawasan Wakil ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak.

Lebih lanjut H. Maslihan Saifurrozi menekankan kepada Majelis Hakim, pada saat pembacaan putusan, putusannya harus sudah net sehingga program one day minutes bisa berjalan. Selama ini kita lupa bahwa aturan sudah memang mengatur hal itu.

Sementara itu di bagian kesekretariatan sebagai supporting unit tetap memberikan dukungan terhadap jalannnya tugas pokok dan fungsi peradilan agar berjalan lancar.

Usai Ketua Pengadilan Tinggi Agama Pontianak memberikan arahan, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan program dari masing-masing bagian.

Dari paparan masing-masing bagian tersebut, ada beberapa program yang menjadi prioritas dari Pengadilan Tinggi Agama Pontianak, diantaranya :
1. One Day Minutes
2. One Day Publish
3. Surveilance APM Pengadilan Tinggi Agama Pontianak
4. Pencanangan Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM)
5. Peningkatan Diskusi Hukum, mulai dari Hakim, Kepaniteraan dan Kejurusitaan. (Roni)

Leave a Reply